Prabowo - Sandi Bakal Hadir di Sidang Perdana MK Besok?

Prabowo - Sandi Bakal Hadir di Sidang Perdana MK Besok?
Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menolak hasil rekapitulasi suara oleh KPU, Selasa (21/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana perselisihan hasil Pemilihan Presiden 2019 di Jakarta, Jumat (14/6) besok.

MK bakal bersidang untuk nantinya memutuskan menerima atau tidak sengketa yang diajukan tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahudin Uno.

Menurut Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, gugatan yang diajukan bukan hanya soal Prabowo-Sandi, melainkan keinginan publik khususnya para pendukung yang merasa adanya kecurangan dalam proses Pilpres 2019.

"Ini menyangkut hak dan suara masyarakat yang dicurangi didasarkan bukti-bukti yang valid. Jadi kami menegaskan gugatan sengketa di MK bukan hanya soal Prabowo-Sandi melainkan untuk demokrasi yang sehat," ujar Dahnil di Jakarta, Kamis (13/6).

BACA JUGA: Jokowi - Ma'ruf Siapkan Dua Versi Jawaban untuk Sidang MK

Dahnil menegaskan, proses yang ditempuh pasangan calon presiden nomor urut 02 sangat konstitusional dalam negara demokrasi. Dahnil juga menegaskan, sebagai seorang tokoh dan negarawan, Prabowo tidak akan melakukan langkah-langkah inkonstitusional.

"Pak Prabowo dan Pak Sandi sangat mematuhi hukum, makanya jalur yang ditempuh jalur yang sesuai hukum," ucapnya.

Di samping itu, Dahnil secara khusus juga mengimbau kepada seluruh pendukung Prabowo - Sandi untuk tidak mendatangi Gedung MK selama sidang sengketa Pilpres 2019 berlangsung, meskipun ingin memberi dukungan secara langsung.

MK bakal bersidang untuk nantinya memutuskan menerima atau tidak sengketa yang diajukan tim hukum pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto - Sandiaga Salahudin Uno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News