Praja IPDN Jangan Segan-segan Curhat

Praja IPDN Jangan Segan-segan Curhat
Hj Vita Gamawan Fauzi. Foto: int

jpnn.com - PRAJA Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) haruslah memiliki disiplin diri dan kepribadian yang matang. Terlebih, proses belajar-mengajar di IPDN menerapkan pola pengajaran, pelatihan, dan pengasuhan (Jarlatsuh). Hal ini merupakan komitmen dan kekhasan pendidikan Pamong Praja di IPDN.

Dalam menjalani proses pendidikan di IPDN, tentu para Praja bakal menemui berbagai suka dan duka. Menyikapi hal ini, Hj Vita Gamawan Fauzi selaku Ibu memiliki beberapa resep untuk para Praja. Berikut petikan wawancara bersama Hj Vita Gamawan Fauzi :

Sebagai Ibu Praja, apa resep yang bisa Ibu berikan kepada para Praja dalam menjalani pendidikan di IPDN?

Sebagai Ibu Praja, saya melihat beberapa hal yang saya rasakan perlu mendapat perhatian kita bersama dalam menjalankan fungsi pengasuhan, antara lain selama ini yang menjalankan proses pembinaan secara langsung adalah para pengasuh, akan tetapi secara kelembagaan peran Ibu Praja juga dapat difungsikan sebagai pengasuh langsung yang dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada Praja yang dikoordinasikan oleh oleh Sekretaris Ibu Praja dan didukung oleh anggota Dharma Wanita Persatuan IPDN.

Oleh sebab itu, kepada anak-anak kami, Praja, saya mengimbau untuk meminta bimbingan, mencurahkan perasaan apabila terdapat kesulitan atau pun permasalahan dalam mengikuti proses pendidikan di IPDN. Peran Ibu hendaknya dapat memberikan advise untuk kelancaran pelaksanaannya dalam hubungan sosialisasi antar Praja dan dalam hubungannya dengan menjalankan proses pendidikan di IPDN. Selain itu juga para Praja dapat memanfaatkan Pusat Komisi Disiplin untuk berkonsultasi dan mendapat bimbingan sehingga dapat mencegah pelanggaran atau pun sikap negatif yang melanggar peraturan dan tata kehidupan Praja.

Bagaimana Ibu Praja menjalankan peran-perannya di IPDN?

Guna mendukung tugas-tugas Ibu Praja secara operasional di lingkungan IPDN, saya dibantu oleh Sekretariat Ibu Praja yang dipimpin oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan IPDN selaku Sekretaris Ibu Praja serta didukung oleh pengurus Dharma Wanita Persatuan IPDN yang berperan aktif untuk kelangsungan proses belajar-mengajar para Praja. Hal ini merupakan salah satu wujud kependulian lembaga terhadap para Praja sehingga akan memberikan kemudahan bagi para Praja untuk berkonsultasi atau pun mendapatkan solusi yang tepat apabila terdapat kendala-kendala dalam menjalani pendidikan di IPDN.

Apa-apa saja kegiatan yang dilakukan Sekretariat Ibu Praja ini?

PRAJA Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) haruslah memiliki disiplin diri dan kepribadian yang matang. Terlebih, proses belajar-mengajar di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News