Prakiraan Cuaca: Semua Daerah di Kaltim Hujan Petir pada Sabtu-Minggu

Prakiraan Cuaca: Semua Daerah di Kaltim Hujan Petir pada Sabtu-Minggu
Simak prakiraan cuaca besok Sabtu. Ilustrasi Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, BALIKPAPAN - Semua daerah di Kalimantan Timur (Kaltim) diprediksi mengalami hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai angin kencang berdurasi singkat pada Sabtu-Minggu (18-19/2).

BMKG Balikpapan mengimbau semua pihak waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Ilham Rosihan Fachturoni, Jumat.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya ke masyarakat.

Sedangkan 10 daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa tersebut antara lain di Kota Samarinda pada Sabtu sekitar pukul 20.00 dan 23.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Kecamatan Sambutan.

Hujan petir di Kota Balikpapan diprakirakan terjadi pada Sabtu pukul 23.00 Wita hanya di Kecamatan Balikpapan Timur, sedangkan kecamatan lain hanya terjadi hujan ringan.

Di Kota Bontang, hujan petir diprakirakan terjadi pada Minggu dini hari, sekitar pukul 02.00 Wita pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara.

Hujan lebat hingga hujan petir di Kabupaten Kutai Barat diprakirakan terjadi pada Sabtu pukul 20.00 Wita di Kecamatan Bentian Besar, Damai, Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai.

Semua daerah di Kaltim bakal dilanda hujan petir pada Sabtu-Minggu. Berikut prakiraan cuaca lengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News