Pramono Berharap Debat Capres Membahas Indeks Demokrasi hingga Pelanggaran HAM Masa Lalu

Pramono Berharap Debat Capres Membahas Indeks Demokrasi hingga Pelanggaran HAM Masa Lalu
Tiga pasang capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memperlihatkan nomor urut masing-masing sebagai kontestan Pilpres 2024, di kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/11) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komnas HAM Pramono U. Tanthowi berharap ada sejumlah isu Hak Asasi Manusia (HAM) konkret yang penting untuk dibahas dalam debat perdana calon presiden 2024, Selasa (12/12) malam nanti.

Yang pertama, indeks demokrasi Indonesia dinilai menurun dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya karena menyempitnya ruang kebebasan sipil.

“Karena itu penting untuk mendalami bagaimana komitmen setiap paslon untuk menjamin tidak terjadi pengekangan atas kebebasan sipil, baik karena kriminalisasi, persekusi, intoleransi maupun diskriminasi,” ucap Pramono dalam keterangannya.

Yang kedua, publik juga perlu memastikan strategi pembangunan yang akan dijalankan pemimpin ke depan agar tetap sejalan dengan prinsip HAM.

Misalnya, bagaimana investasi dan infrasturuktur tidak memberi dampak buruk pada pelanggaran HAM, baik terhadap lingkungan, masyarakat adat, pekerja, maupun kelompok rentan lain.

“Ketiga, publik juga menanti bagaimana pelanggaran HAM masa lalu ditangani. Isu ini terus muncul setiap pemilu, tetapi tidak pernah mendapat penuntasan karena hanya menjadi alat politik,” kata dia.

Untuk itu, patut dibahas bagaimana komitmen setiap pasangan calon untuk menuntaskan pelanggaran HAM masa lalu, baik secara non-yudisial (sebagaimana telah dimulai oleh Presiden Jokowi) maupun secara yudisial.

Ke empat, di Indonesia terdapat beberapa lembaga nasional HAM, seperti Komnas HAM, LPSK, Komnas Perempuan, KPAI, dan Komisi Nasional Disabilitas.

Pramono U. Tanthowi berharap isu penting soal indeks demokrasi hingga pelanggaran HAM masa lalu dibahas saat debat Capres Pilpres 2024 yang digelar KPU RI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News