Pramuka Kurang Fasilitas

Pramuka Kurang Fasilitas
Pramuka Kurang Fasilitas

jpnn.com - SERANG - Kota Serang hingga saat ini belum memiliki bumi perkemahan sehingga menghambat aktivitas kepramukaan. Selama ini, kwartir ranting (kwaran) dan kwartir cabang (kwarcab) di Kota Serang kerap menggunakan fasilitas di kota/kabupaten lain. Seperti di Bumi Perkemahan Wulandira, Kabupaten Serang dan Bumi Perkemahan (Buper) di Cilegon.

Akibat kurangnya sarana dan prasarana di Kota Serang, kegiatan Lomba Tingkat (LT) Kwaran Serang yang berlangsung pada 8-10 November pun, digelar di lahan kosong Jalan Serang-Pandeglang dekat Palima.

Acara LT Kwaran Serang merupakan ajang seleksi menuju LT Provinsi Banten. Kegiatan itu diikuti 51 regu putra dan 51 regu putri dari kwaran tingkat SD serta 8 regu putra dan 8 regu putri tingkat SMP, dengan jumlah peserta mencapai 1.149 orang yang menempati sebanyak 150 tenda.

Informasi yang dihimpun, kegiatan yang bertemakan 'Persaudaraan, Kebersamaan, Kreatif, Cerdas, dan Berkarakter' itu meliputi lima materi lomba. Yakni lomba mental spiritual dan sosial masyarakat, patriotisme seni dan budaya, ketangkasan dan keterampilan, kepramukaan dan pengetahuan umum, serta keterampilan manajerial.

Hadiah yang disediakan panitia berupa tropi dan piagam untuk juara I, II, dan III serta harapan I, II, dan III. Namun yang akan mewakili Kota Serang ke tingkat provinsi hanya dua regu tingkat SD dan dua regu tingkat SMP untuk putra/putri.

Pantauan Radar Banten (Grup JPNN) sekira pukul 09.00 WIB, para peserta harus rela berkotor-kotoran lantaran kondisi lapangan berlumpur akibat didera hujan. Meski demikian, mereka tampak bersemangat mengikuti kegiatan penjelajahan yang diarahkan oleh panitia.

Disaksikan para pembimbing, yakni para guru dari tiap sekolah, peserta dari tiap regu pun berkeliling lapangan dan menjawab pertanyaan di setiap pos yang mereka singgahi.

Sekretaris panitia lomba Sumarna Dinata mengatakan, kondisi kepramukaan di Kota Serang dinilainya cukup memprihatinkan. Soalnya, kata dia, Kota Serang hingga saat ini belum memiliki sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pramuka.

SERANG - Kota Serang hingga saat ini belum memiliki bumi perkemahan sehingga menghambat aktivitas kepramukaan. Selama ini, kwartir ranting (kwaran)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News