Prancis Luluh, Tiongkok Makin Dekat ke Eropa

Prancis Luluh, Tiongkok Makin Dekat ke Eropa
Presiden Tiongkok Xi Jinping dan Presiden Prancis Emanuel Macron bertemu di Paris. Foto: ABC

jpnn.com, PARIS - Presiden Tiongkok Xi Jinping tiba di Istana Elysee, Prancis, pada awal pekan ini dengan satu tujuan. Yakni, memperbaiki hubungan dengan Eropa. Xi, rupanya, ingin meluluhkan hati mereka sebelum KTT Tiongkok-Eropa diadakan bulan depan.

Pada Senin (25/3), Xi bersama Presiden Prancis Emmanuel Macron menyaksikan penandatanganan 15 kontrak bisnis antar kedua negara. Termasuk kontrak pembelian pesawat Airbus senilai 30 miliar euro (Rp 480 triliun). Tiongkok memesan 290 unit pesawat kategori A320 dan 10 unit pesawat A350.

''Saya berharap kami bisa membangun pemerintahan global. Kita sedang menyaksikan kuatnya kerja sama Tiongkok dengan Eropa,'' ungkap Macron menurut AFP.

Komentar itu menandakan bahwa Macron sedikit luluh. Macron sempat menyatakan bahwa Eropa tidak boleh terlalu naif melihat tawaran investasi Tiongkok. Namun, kini Macron seperti berubah.

Tak tanggung-tanggung, dia ikut mengundang Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker untuk ikut berdiskusi pada Selasa (26/3). Padahal, mereka seharusnya bertemu saat KTT Tiongkok-Eropa di Brussel bulan depan. ''Ini adalah langkah penting yang harus kita perhitungkan,'' jelas Macron.

BACA JUGA: Persaudaraan Alumni 212 Bakal Usir Warga Tiongkok Tanpa KTP di TPS

Xi tidak punya pilihan selain rajin mengunjungi Eropa. Tiongkok tidak ingin hubungan mereka rusak karena isu tidak sedap tentang proyek Made in China 2025. Banyak yang menganggap bahwa Tiongkok berusaha meraih independensi ekonomi negara dengan merebut sektor produksi negara asing.

''Kami tentu menyambut baik investasi Prancis di Tiongkok. Namun, kami mengharap perlakuan adil bagi bisnis Tiongkok di Prancis,'' tegas Xi. (bil/c14/dos)


Berita Selanjutnya:
Oyster Terbelah Dua

Presiden Tiongkok Xi Jinping tiba di Istana Elysee, Prancis, pada awal pekan ini dengan satu tujuan. Yakni, memperbaiki hubungan dengan Eropa.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News