Prediksi BMKG, Kemarau Hingga Februari

Prediksi BMKG, Kemarau Hingga Februari
Lindungi diri dari cuaca panas. Ilustrasi Foto: Riau Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Kota Medan bakal dilanda musim kemarau. Begitu juga beberapa kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Kepala Bidang Informasi dan Data BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, musim kemarau yang diperkirakan akan melanda Kota Medan dan sekitarnya terjadi hingga bulan Februari. Untuk suhu panasnya mencapai sekitar 34 derajat celcius.

"Saat ini, Medan memasuki musim kemarau dan begitu juga beberapa daerah lainnya di Sumut. Seperti, di Stabat, Lubuk Pakam, Kisaran, Rantau Prapat, Sei Rampah, Lima Puluh, Tanjung Balai, Binjai, Tebing Tinggi, Kota Pinang, dan Aek Kanopan. Suhu panas yang terjadi diperkirakan 24 hingga 34 derajat celcius," ujar Syahnan kepawa wartawan, kemarin.

Terkait musim kemarau ini, hingga belum ada ditemukan titik-titik kebakaran hutan di wilayah Sumut.

"Dengan kondisi cuaca seperti ini (kemarau), diharapkan kepada masyarakat agar memperbànyak mengkonsumsi air putih. Selain itu, mengurangi aktivitas di luar ruangan atau rumah dan menjauhi hal-hal yang dapat memicu terjadinya kebakaran dan kebakaran hutan," sebut Syahnan.

Lebih lanjut dia mengatakan, pada musim kemarau yang melanda saat ini diselingi juga hujan kategori ringan hingga sedang.

"Pada bulan Januari ini sebenarnya memasuki musim kemarau, karena puncak hujannya sudah berlalu pada Desember kemarin. Meski begitu, tetap masih diselingi hujan yang disebabkan tekanan dari air laut," tuturnya.

Syahnan menambahkan, hujan yang terjadi dalam musim kemarau ini pada siang menjelang sore dan malam hari.

Kota Medan bakal dilanda musim kemarau. Begitu juga beberapa kabupaten/kota lainnya di wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News