Prediksi Cuaca Besok, Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat

Prediksi Cuaca Besok, Hampir Seluruh Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Lebat
BMKG mengeluarkan prediksi cuaca besok untuk beberapa wilayah Indonesia, besok Jumat (17/12). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia, besok Jumat (17/12).

Prakirawan BMKG Maria Klaudiana Djiling mengeluarkan prediksi cuaca besok, terjadi akibat dampak tropical cyclone raise yang terpantau berada di Samudera Pasifik, utara Maluku Utara.

Tropical cyclone raise memiliki kecepatan angin mencapai 185 kilometer per jam.

Sistem tersebut bergerak menjauhi wilayah Indonesia dan tidak memberikan dampak langsung.

"Namun, memberikan dampak tidak langsung berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan terjadi di Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Maluku," kata Maria, Kamis (16/12).

"Selain itu, juga berdampak angin kencang yang diperkirakan terjadi di Sulawesi Utara bagian utara," sambung Maria.

Selain itu, terdapat juga Bibit Siklon 97 W di Laut Cina Selatan dan barat laut Natuna dengan kecepatan angin 20 knot. Namun, diperkirakan dalam 24 jam ke depan mengalami penurunan intensitas.

"Sistem ini memberikan dampak tidak langsung berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kalimantan Barat," ujar Maria.

BMKG mengeluarkan prediksi cuaca besok untuk beberapa wilayah Indonesia, besok Jumat (17/12), simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News