Prediksi, Saat Lebaran Bakal Ada Banjir Rob di Semarang

Prediksi, Saat Lebaran Bakal Ada Banjir Rob di Semarang
Ilustrasi banjir. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Banjir rob diperkirakan akan menggenangi sebagian wilayah Kota Semarang, Rabu (6/7) mendatang. Menurut Kepala Bidang Ekologi,  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agus Wahyu,  banjir rob adalah siklus bencana alam bulanan yang biasa terjadi di jalur Pantai Utara.

Karena itu masyarakat diminta waspada, mengantisipasi segala kemungkinan yang ada. Apalagi itu bertepatan dengan hari raya Idul Fitri.

"Tanggal 5-6 Juli akan terjadi pasang maksimal, (banjir rob) tiap bulan terjadi, rutinan. Pasang terjadi karena bulan, bumi, matahari segaris tiap bulan dua kali. Bulan baru atau bulan mati dan bulan purnama," ujar Agus, Senin (4/7).

Meski demikian, belum bisa diprediksi ketinggian banjir pasang rob kali ini. Agus hanya memperkirakan sekitar satu meter atau relatif tergantung kondisi cuaca dan tinggi rendah tanggul yang ada.

‎"Semarang rutin kena rob terus karena daerahnya rendah. Jakarta juga, kemarin tanggul jebol karena ada anomali kenaikan tinggi muka laut, kurang lebih 10-20 centimeter," ujar Agus.(gir/jpnn)

 


JAKARTA - Banjir rob diperkirakan akan menggenangi sebagian wilayah Kota Semarang, Rabu (6/7) mendatang. Menurut Kepala Bidang Ekologi,  Badan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News