Prediksikan Ahok Bakal Maju di Pilkada DKI dari Jalur Independen

Prediksikan Ahok Bakal Maju di Pilkada DKI dari Jalur Independen
Prediksikan Ahok Bakal Maju di Pilkada DKI dari Jalur Independen

jpnn.com - JAKARTA - ‎Pakar pskologi politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk memerkirakan Basuki T Purnama alias Ahok akan maju pada pemilihan Gubernur DKI pada 2017 nanti melalui jalur perseorangan alias independen. Hamdi mengatakan, meski syarat untuk maju sebagai calon kepala daerah dari jalur independen makin diperketat, namun Ahok diyakini mampu memenuhinya.

Syarat bagi bakal calon dari jalur independen untuk bisa ikut pilkada DKI adalah mengantongi dukungan minimal 7,5 persen dari total penduduk. Dengan asumsi penduduk DKI ada 10 juta, maka seorang bakal calon  harus mengantongo 750 ribu pendukung.
 
Menurut Hamdi, syarat itu pasti bisa dipenuhi Ahok. "Kalau lihat jumlah 750 ribu, Ahok ngumpulin sampai satu juta lah. Enggak sulit mungkin," ujarnya dalam diskusi ‎"Menakar Peluang Ahok Maju Sebagai Calon Independen" di Balai Kota, Jakarta, Jumat (26/6).

Karenanya Hamdi menduga Ahok tidak akan mengggunakan partai politik saat maju di Pilkada DKI 2017. Terlebih Ahok punya hubungan yang kurang baik dengan kalangan partai politik.

"Mungkin Ahok akan memilih maju lewat jalur independen. Apalagi sekarang ada relawan yang akan mengumpulkan KTP. Mungkin dapat," ujar Hamdi.  

Namun demikian Hamdi tak berani memastikan apakah Ahok bakal menang atau justru keok di Pilkada DKI 2017.  "Tergantung sekarang bagaimana pendapat pemilih tentang calon-calon yang maju. Kemudian penantangnya siapa. Barang siapa yang bisa memenangkan jalan pikiran pemilih, bisa menang," ulasnya.

Meski demikian Ahok sebagai incumbent atau petahanan memang memiliki kesempatan untuk menang. ‎"Dengan catatan prestasi incumbent cukup bagus. Kecuali di mata publik prestasinya buruk," tandasnya.(gil/jpnn)


JAKARTA - ‎Pakar pskologi politik dari Universitas Indonesia, Hamdi Muluk memerkirakan Basuki T Purnama alias Ahok akan maju pada pemilihan Gubernur


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News