Premium Jarang Tersedia, Sebaiknya Pemerintah Tetapkan Pertalite sebagai Penggantinya

Premium Jarang Tersedia, Sebaiknya Pemerintah Tetapkan Pertalite sebagai Penggantinya
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah untuk menetapkan Pertalite sebagai BBM dalam penugasan. Foto: Humas DPR

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah untuk menetapkan Pertalite sebagai bahan bakar minyak (BBM) dalam penugasan.

Artinya, pemerintah menugaskan Pertamina menyediakan Pertalite dengan volume dan harga tertentu untuk didistribusikan ke seluruh wilayah NKRI.

Selisih antara harga jual dan harga keekonomiannya dikompensasi oleh pemerintah.

“Untuk menjamin ketersediaan BBM (bensin) yang terjangkau masyarakat luas, sekaligus sebagai pengganti Premium yang sudah jarang tersedia, saya mengusulkan pemerintah menetapkan Pertalite sebagai BBM dalam penugasan," kata Mulyanto melalui keterangan pers, Kamis (10/3).

Dia menjelaskan usulan tersebut disampaikan menyikapi lonjakan harga minyak dunia yang menekan harga minyak domestik.

Mulyanto mengakui sekarang ini secara resminya BBM yang ada dalam penugasan adalah Premium.

Namun, faktanya BBM jenis ini tidak tersedia di pasar.

Karena itu, menurut Mulyanto, penetapan Pertalite sebagai BBM dalam penugasan sangat penting untuk ketersediaan BBM dengan harga terjangkau masyarakat luas.

Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto mengusulkan pemerintah untuk menetapkan Pertalite sebagai BBM dalam penugasan sebagai pengganti premium yang jarang tersedia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News