Presiden Dorong Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Presiden Dorong Pramuka Jadi Pelopor Disiplin Protokol Kesehatan dan Vaksinasi
Presiden Joko Widodo menyampaikan amanatnya di upacara Peringatan Ke-60 Hari Pramuka yang digelar melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/8). Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mendorong Pramuka menjadi pelopor disiplin protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengharapkan Pramuka Indonesia memiliki jiwa dan karakter yang dapat menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat sekitar.

Pramuka Indonesia juga harus tangguh menghadapi setiap tantangan, menggalang kepedulian kepada sesama, bersedia berkorban, suka menolong, serta membantu meringankan beban sesama.

"Pramuka Indonesia juga harus menjadi pelopor kedisiplinan, terutama disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin menjaga jarak, disiplin untuk mencuci tangan di setiap saat, dan disiplin untuk menghindari kerumunan," ucapnya di upacara Peringatan Ke-60 Hari Pramuka yang digelar melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/8).

Jokowi juga menyampaikan apresiasinya kepada para anggota Pramuka di seluruh tanah air yang telah bahu-membahu bersama seluruh elemen bangsa untuk membantu pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

"Inilah jiwa Pramuka sejati yang tertuang dalam Dwi Darma, Tri Satya, dan Dasa Darma Pramuka, terpanggil, rela berkorban untuk membantu sesama tanpa melihat perbedaan suku, agama, dan golongan," ujar Jokowi.

Selain menjadi teladan dan pelopor kedisiplinan, eks Gubernur DKI Jakarta itu juga menginginkan Pramuka Indonesia berada di barisan terdepan untuk melindungi diri, melindungi teman-teman, dan melindungi keluarga dari penyebaran Covid-19.

"Kalau ada teman yang tidak mematuhi protokol kesehatan diingatkan, beri penjelasan, beri pengertian. Kalau ada teman yang sudah berusia di atas 12 tahun yang belum divaksin ajak untuk segera divaksin," tuturnya.

Presiden Joko Widodo menyampaikan pesan kepada seluruh anggota Pramuka di Indonesia. Pramuka diharapkan menjadi pelopor protokol kesehatan dan vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News