JPNN.com

Presiden Jokowi Harap Kemendag Percepat Penyelesaian Perjanjian Internasional

Kamis, 04 Maret 2021 – 12:48 WIB
Presiden Jokowi Harap Kemendag Percepat Penyelesaian Perjanjian Internasional - JPNN.com
Presiden Jokowi meminta Kemendag mempercepat perundingan perjanjian internasional. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempercepat penyelesaian sejumlah perundingan pada perjanjian internasional antara Indonesia dengan negara-negara mitra.

"Ini adalah agenda prioritas," kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Kamis (4/3).

Menurut dia, saat ini Indonesia membutuhkan negara tujuan ekspor baru. Jokowi menyebut, adapun perunDingan yang telah selesai yakni Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA) dengan Australia.

"Ada juga dengan Korea, dan Uni Eropa," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan, IA CEPA diketahui telah ditandatangani pada 4 Maret 2019 dan resmi berlaku sejak 5 Juli 2020 setelah melalui 10 bulan proses ratifikasi.

Kemudian, Indonesia-Korea Selatan resmi menandatangani Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif atau Indonesia–Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA), di Seoul pada 18 Desember 2020.

Namun, kata dia perundingan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership Agreement (I-EU CEPA) masih berlangsung.

Perundingan putaran ke-10 tertunda akibat Covid-19 dan kedua pihak melakukan perundingan intersesi virtual pada 15-26 Juni 2020. Selanjutny,  putaran ke-10 diperkirakan dilaksanakan pada Maret 2021 dan direncanakan selesai pada akhir 2021.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...