Presiden Jokowi Langsung Telepon Panglima TNI

Presiden Jokowi Langsung Telepon Panglima TNI
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers usai meninjau proyek tol Balikpapan-Samarinda. Foto: Humas/Setkab.go.id

jpnn.com - BALIKPAPAN - Pembangunan ruas tol Balikpapan-Samarinda kembali dikerjakan setelah ngadat lima tahun.

Kemarin (24/3), Presiden Joko Widodo meninjau langsung progres pembangunan jalan tol pertama di pulau Kalimantan sisi Indonesia itu. Dia menargetkan Balikpapan dan Samarinda sudah tersambung via tol pada 2018.

Jokowi menjelaskan, tol tersebut sudah dimulai pembangunannya pada 2010. Hanya saja, kala itu masih terkendala pembebasan lahan sehingga tersendat.

’’Dan saya paksa Pak Gubernur untuk dimulai lagi kemarin, pada bulan November 2015,’’ ujar Jokowi dalam keterangan resminya kemarin. Kali ini, yang ditinjau adalah pembangunan pembangunan seksi V sepanjang 11,5 kilometer.

Dia menjelaskan, pembebasan lahan sempat menjadi problem karena di beberapa titik cukup krusial. Ada sebagian yang memakan lahan milik TNI, sebagian lagi memakan lahan yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Karena itu, dia memutuskan turun langsung untuk menyelesaikan persoalan.

Dia menelepon Panglima TNI, juga berbicara dengan Menteri LHK. Persoalan lahan pun selesai setelah pembicaraan tersebut. ’’Itu makanya perlunya turun ke lapangan,’’ lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. 

Dia bisa langsung tahu kesulitan apa yang dihadapi di lapangan sehingga bisa diambil keputusan segera.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News