Presiden Jokowi: Orang Maluku Selalu di Hati

Presiden Jokowi: Orang Maluku Selalu di Hati
Presiden Joko Widodo menerima penganugerahan gelar kehormatan dari masyarakat adat Maluku, Jumat (24/2). Foto: Biro Setpres

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penganugerahan gelar kehormatan dari masyarakat adat Maluku, saat kunjungan kerjanya ke Ambon, Jumat (24/2).

Gelar yang diberikan kepada orang nomor satu di negeri ini adalah 'Upu Kalatia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku".

Gelar adat kehormatan yang dapat diartikan dengan pemimpin besar yang peduli terhadap kesejahteraan hidup masyarakat adat Maluku.

Penganugerakan dilakukan oleh Ketua Majelis Latupati Maluku, Bonifaxius Silooy, di Kristiani Center, Ambon.

Pemberian gelar sendiri didasari pada keputusan majelis adat Maluku yang terdiri atas para tetua adat atau Latupati.

"Saya merasa sangat terhormat sekali dan mengucapkan terima kasih atas penganugerahan gelar adat kehormatan Maluku kepada saya. Saya memahami bahwa gelar ini disertai dengan tanggung jawab untuk memajukan Maluku, untuk menyejahterakan rakyat Maluku," ujar Presiden Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyatakan kebanggaannya pada kearifan lokal rakyat Maluku yang berbasis persaudaraan.

Dengan falsafah Siwalima, perbedaan dan keragaman budaya masyarakat Maluku dapat dipersatukan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima penganugerahan gelar kehormatan dari masyarakat adat Maluku, saat kunjungan kerjanya ke Ambon, Jumat (24/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News