Presiden Kukuhkan Anggota Paskibraka 2021, Menpora Pimpin Pembacaan Ikrar Putra Indonesia

Presiden Kukuhkan Anggota Paskibraka 2021, Menpora Pimpin Pembacaan Ikrar Putra Indonesia
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021 resmi dikukuhkan oleh Presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka, Kamis (12/9) sore. Foto: BPMI Setpres 2021 - kemenporagoid

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) di halaman depan Istana Merdeka, Kamis (12/9) sore.

Pengukuhan ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Acara pengukuhan ini dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Kemudian dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin Presiden Jokowi. Setelah itu, para anggota Paskibraka mengucapkan Ikrar Putra Indonesia yang dipimpin Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali.

Sebelum memimpin Ikrar Putra Indonesia, Menpora Amali menyampaikan pengantar pengukuhan calon anggota Paskibraka 2021.

“Hari ini saudara-saudara akan dikukuhkan sebagai Pasukan Pengibar Bendera Pusaka tahun 2021. Pengukuhan ini bermakna bahwa Paskibraka berjiwa ksatria, satu perkataan dan perbuatan, bertanggung jawab, rela berkorban untuk Ibu Pertiwi, Tanah Air Indonesia,” ucap Menpora Amali.

Sebelum pengucapan Ikrar Putra Indonesia. Menpora meminta calon Paskibraka untuk merenungkan tentang jati diri Paskibraka dan bertanya tentang kesiapan mereka untuk menjadi anggota Paskibraka untuk kemudian dikukuhkan.

“Dengan segala kemuliaan dan tanggung jawabnya, teguhkan niat yang kuat untuk terus berjuang mewujudkan kejayaan bangsa. Kini saatnya butuh komitmen bersama dari lubuk hati, perlu diucapkan dalam kata, bersediakah saudara-saudara mengucapkan Ikrar di hadapan bendera Merah Putih,? tanya Menpora Amali.

Secara serentak para calon anggota Paskibraka menjawab “siap, bersedia”. Ikrar pelantikan pun dimulai. Selaku pemimpin upacara, Febitri Nur Tsabitah diminta memegang bendera Merah Putih dan meletakkannya di dada kiri.

Presiden Joko Widodo mengukuhkan 68 pelajar SMA menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendara Pusaka (Paskibraka) di halaman depan Istana Merdeka, Kamis (12/9) sore.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News