Presiden Resmikan Monumen \'Perjuangan untuk Mempertahankan NKRI\'

Presiden Resmikan Monumen \'Perjuangan untuk Mempertahankan NKRI\'
Monumen Perjuangan untuk Mempertahankan NKRI di Mabes TNI, Cilangkap. FOTO: Natalia/JPNN
JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan sebuah monumen baru di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (22/7). Monumen baru itu diberi nama Perjuangan Mempertahankan Negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya berpendapat pembangunan monumen dan museum dapat kita letakan agar generasi muda Indonesia dapat benar-benar mengerti sejarah bangsanya dan perjuangan mempertahankan negaranya," ujar Presiden dalam sambutanya.

Monumen Perjuangan Mempertahankan NKRI adalah salah satu monumen Pusat Sejarah TNI yang menyajikan visualisasi kisah pengabdian TNI selama masa perebutan kemerdekaaan. Monumen ini dibangun di atas tanah seluas enam ribu meter persegi dengan luas bangunan 4680 meter persegi.

Cukup menarik, monumen ini terdiri dari beberapa bagian. Di tengah monumen terdapat patung diorama perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman duduk dalam tandu yang digotong sejumlah pejuang. Di bawah patung, terdapat tujuh relief perjuangan Sudirman yang berbentuk melingkar.

JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan sebuah monumen baru di Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (22/7). Monumen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News