Presiden Sambangi IKN Nusantara Selama Tiga Hari, Berikut Agendanya

Presiden Sambangi IKN Nusantara Selama Tiga Hari, Berikut Agendanya
Suasana persiapan agenda berkemah Presiden selama tiga hari di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Foto : Dari Helena untuk JPNN.com

jpnn.com, PENAJAM PASER UTARA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkunjung ke titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur selama tiga hari, tepatnya pada tanggal 13 hingga 15 Maret 2022 mendatang.

Selama tiga hari di sana, presiden akan menghadiri ragam agenda acara seperti syukuran, ritual adat penyambutan pembangunan IKN Nusantara. Hingga menginap di titik nol yang menjadi lokasi dibangunnya Istana Negara. 

Pada hari pertama, rencananya Jokowi akan menginap terlebih dahulu di Kota Balikpapan. Keesokan harinya, eks Gubernur DKI Jakarta itu bergeser menuju ke titik nol IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, PPU. 

Di sana, Presiden akan menggelar acara syukuran penyambutan pembangunan IKN Nusantara. Dalam acara syukuran tersebut, akan diisi dengan ritual adat istiadat. 

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi mengundang seluruh gubernur Indonesia dan diperintahkan untuk membawa tanah dan air dari daerah mereka masing-masing. 

Tanah dan Air itu merupakan bagian dari ritual adat yang akan digelar di titik nol. Nantinya seluruh gubernur diminta untuk menaruhkan tanah dan air yang mereka bawa ke dalam kendi besar terbuat dari tembaga secara bergiliran. 

"Air sebanyak satu liter dan tanah seberat 2 kilogram. Nantinya akan disatukan ke dalam kendi. Kendi besar yang terbuat dari tembaga itu bernama Kendi Nusantara," ucap Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Kaltim Syafranuddin dikonfirmasi JPNN.com, Jumat (11/3/2022) malam. 

Setelah menggelar acara syukuran dan ritual adat istiadat, Presiden akan menginap di titik nol IKN Nusantara bersama lima Gubernur Kalimantan. 

Presiden akan berada di IKN Nusantara selama tiga hari, agendanya menggelar syukuran, ritual adat istiadat hingga menginap di lokasi pembangunan Istana Negara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News