Prima Kekurangan Dana Rp 60,3 Miliar

Prima Kekurangan Dana Rp 60,3 Miliar
Prima Kekurangan Dana Rp 60,3 Miliar
JAKARTA - Persiapan Indonesia menjelang SEA Games 2013 benar-benar kacau. Target merebut gelar juara umum ternyata tak diimbangi dengan persiapan yang matang. Salah satu yang paling mendesak ialah pendanaan.

jpnn.com - Saat ini, Program Indonesia Emas (Prima) mengalami kesulitan dana. Jumlahnya pun tidak main-main: mencapai Rp 60,3 miliar. Tak pelak, kondisi tersebut membuat banyak program yang sudah ditetapkan terancam berantakan.

Ketua Satlak Prima, Surya Dharma mengatakan, nominal tersebut merupakan akumulasi untuk dana Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) hingga keberangkatan. Hal itulah yang membuat semua elemen Prima kalang kabut. Sebab, SEA Games sudah di depan mata.

“Sejauh ini sudah ada wacana untuk melakukan efisiensi. Bukan dengan mengurangi jumlah cabor. Melainkan mengurangi jumlah nomor. Dengan begitu, jumlah atlet dan pelatih juga akan berkurang,” terang Surya di Jakarta, Kamis (18/7).

Jumlah dana yang diterima Prima tahun ini memang mengalami penurunan cukup dratis. Tahun ini, pemerintah hanya mengucurkan dana sebesar Rp 250 miliar. Nominal tersebut dipakai untuk membiayai enam multieven sepanjang 2013.

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp 135-150 miliar digunakan untuk mempersiapkan diri menuju SEA Games. Sebagai perbandingan, ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games 2011 lalu, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp 400 miliar. (jos/jpnn) 


JAKARTA - Persiapan Indonesia menjelang SEA Games 2013 benar-benar kacau. Target merebut gelar juara umum ternyata tak diimbangi dengan persiapan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News