Pro Papua Merdeka Berharap ke Obama

Pro Papua Merdeka Berharap ke Obama
Pro Papua Merdeka Berharap ke Obama
SORONG – Bila di sejumlah daerah terjadi aksi unjuk rasa menolak rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia, tidak demikian halnya dengan yang terjadi di Sorong. Massa yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Papua bersatu, bersama dewan adat, pemuda, perempuan, dan, West Papua National Autority (WPNA), kemari menggelar aksi mendukung rencana kedatangan Obama.

Teriakan dan yel-yel 'Papua Merdeka' terdengar di sepanjang jalan yang dilalui massa aksi, yang mulai bergerak dari lapangan SPG dan long march menuju depan DPRD Kota di Jln A. Yani. Koordinator lapangan Luis Sroyer, rajin meneriakkan yel-yel itu. Aktivis lainnya, Ph Mayor, mengatakan bahwa Rakyat Papua mendukung sepenuhnya rencanya kunjungan Presiden AS. ‘’Kami yakin permasalahan Papua masuk dalam agenda kedatangan Presiden Barack Obama,’’ kata Mayor.

Keyakinan yang sama disampaikan Sekretaris DAP Sorong Yoap Syatfle kepada Radar Sorong (grup JPNN). Dia mengatakan, bahwa kunjungan tersebut tentunya akan membawa perubahan. ‘’Akan ada perubahan yang signifikan,’’ kata Yoap di tengah-tengah aksi massa di depan Kantor DPRD Kota Sorong.

Dia meyakini, Obama akan memperhatikan masalah rakyat Papua, termasuk di dalamnya masalah hak untuk merdeka, pelanggaran HAM yang belum diselesaikan dalam hal ini menyangkut soal Pepera 1969. ‘’Obama sangat perhatikan rakyat Papua dan kami yakin Obama mampu menyelesaikan permalahan Papua,” katanya. Dia mengklaim, masyarakat Papua mendukung dan menantikan kunjungan Obama. Hanya saja, saat ditanya mengenai langkah-langkah yang sudah ditempuh untuk mewujudkan Papua merdeka, Yoap enggan berkomentar.

SORONG – Bila di sejumlah daerah terjadi aksi unjuk rasa menolak rencana kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia, tidak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News