Produksi Minyak Terus Memburuk

Produksi Minyak Terus Memburuk
Produksi Minyak Terus Memburuk

jpnn.com - JAKARTA - Kinerja produksi minyak mentah tak kunjung membaik. Saat ini produksi minyak mentah Indonesia masih berkisar di 798 ribu barel per hari (bph). Hal tersebut jauh dari proyeksi APBN 2014 yang sebesar 870 ribu bph. 

Deputi Pengendalian Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Muliawan mengatakan cuaca beberapa bulan terakhir telah memengaruhi kinerja beberapa beberapa blok minyak. "Ini karena cuaca buruk," ujarnya di Jakarta kemarin (17/2).

Dia mencontohkan insiden kebocoran pada fasilitas SBM manifold di wilayah kerja Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore (PHE WMO). Kebocoran tersebut menyebabkan seluruh produksi terhenti. Selain itu, insiden serupa juga terjadi di lapangan JOB Pertamina Petrochina East Java pada 21 Januari. Fasilitas mooring hawser untuk FSO Cinta Natomas ke SBM juga terputus. 

"Ada lagi kebocoran pipa di Pematang Ibul di Muara Bangko milik Chevron Pacific Indonesia. Seluruh kejadian ini butuh waktu lagi untuk sampai pada produksi normal," katanya.

Situasi tersebut semakin menjauhkan harapan agar kinerja produksi minyak membaik. Sebab angka tersebut juga di bawah realisasi rata-rata produksi pada 2013 sebesar 825 ribu bph. 

Plt Kepala SKK Migas Indonesia Johanes Widjonarko mengatakan, kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) minyak memastikan hanya sanggup mencapai 804.000 per hari. "Target produksi minyak pada 2014 dalam APBN memang ditetapkan sebesar 870 ribu bph. Namun, berdasarkan target rencana kerja, KKKS hanya mampu sebesar 804 ribu bph," tuturnya.

Dia menambahkan, produksi tahun ini bakal terus menurun. Hal tersebut karena usia sebagian besar sumur minyak di Indonesia sudah tua. Sedangkan cadangan minyak baru untuk menutupi laju penurunan dengan jumlah signifikan belum ditemukan. "Saat ini laju penurunan produksi minyak diusahakan hanya sebesar 0,3 persen. 

Produksi bulanan minyak mulai Agustus akan turun di angka 790 ribu bph dan akan turun terus mencapai 782 ribu bph di Oktober 2014," ungkapnya.

JAKARTA - Kinerja produksi minyak mentah tak kunjung membaik. Saat ini produksi minyak mentah Indonesia masih berkisar di 798 ribu barel per hari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News