Prof Riri Fitri Sari, Perintis Pemeringkatan Kampus Dunia di Bidang Lingkungan

Kirim Survei ke 2.000 Rektor, Yang Kembali Cuma 178

Prof Riri Fitri Sari, Perintis Pemeringkatan Kampus Dunia di Bidang Lingkungan
Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM.
Beragam cara dilakukan perguruan tinggi untuk mendongkrak pamor kampusnya. Misalnya, yang dilakukan guru besar UI Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc MM yang menciptakan sistem pemeringkatan (ranking) perguruan tinggi dunia berdasar pelestarian lingkungan kampus.

 

 M. Hilmi Setiawan, Jakarta
 

REPLIKA pesawat Boeing berukuran setengah meter terpajang rapi di meja tamu ruang kerja Prof Riri, gedung Rektorat UI Depok. Tapi, pesawat mainan itu bukan sekadar hiasan ruangan, melainkan menjadi salah satu pemacu semangat pakar IT tersebut. Dari replika itu, dia berkeyakinan kampus tempatnya mengabdi akan menjadi perguruan tinggi yang melesat terbang tinggi layaknya pesawat.

Pemegang rekor guru besar perempuan termuda di UI "diraih pada usia 39 tahun" itu dengan ramah menceritakan kiprahnya mendirikan lembaga jasa pe-ranking-an perguruan tinggi berdasar kelestarian lingkungan tersebut. Lembaga itu diberi nama UI Green Metric; World University Ranking. Secara periodik, lembaga tersebut melakukan pemeringkatan di ribuan perguruan tinggi sedunia dengan metode yang mereka ciptakan.

Menurut ibu tiga anak itu, pemeringkatan kampus-kampus dunia tersebut sudah berjalan dua periode, pada 2010 dan 2011. "Sekarang kami sedang merancang untuk periode 2012. Doakan sukses," tutur Riri ketika ditemui Kamis (29/3) lalu.

Beragam cara dilakukan perguruan tinggi untuk mendongkrak pamor kampusnya. Misalnya, yang dilakukan guru besar UI Prof Dr Ir Riri Fitri Sari MSc

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News