Prof Wiku Adisasmito Bagikan Tips Mengenali Gejala Covid-19 Ini

Prof Wiku Adisasmito Bagikan Tips Mengenali Gejala Covid-19 Ini
Wiku Adisasmito. Ilustrasi Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat yang terinfeksi virus Covid-19 ternyata bisa dikenali gejalanya. Namun, ada gejala yang berbeda-beda tergantung tingkat keparahan pada masing-masing individu.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan ada cara bagi masyarakat untuk mengenali gejala corona. Warga pun diminta melakukan isolasi apabila merasakannya.

"Masyarakat dimohon waspada untuk mengamati kondisi kesehatannya masing-masing," kata dia melalui akun BNPB di YouTube.

Adapun derajat keparahan gejala Covid-19 dibagi dalam empat tingkatan, yakni tanpa gejala, ringan, sedang, dan berat.

Pertama, untuk yang tanpa bergejala tidak ditemukan adanya gejala klinis pada orang positif Covid-19. Dalam hal ini, testing satu-satunya cara memastikannya.

Testing itu disarankan secara berkala bagi masyarakat yang mobilitas dan interaksinya tinggi dengan orang lain. Yang terpenting lagi, jika merasa sehat tetap harus disiplin protokol kesehatan.

"Seharusnya, belajar dari pengalaman sebelumnya, jika lalai protokol kesehatan ataupun abai terhadap gejala-gejala Covid-19, sama saja membahayakan nyawa diri sendiri serta orang lain," tutur Wiku.

Kedua, dengan gejala ringan. Gejalanya ada, tetapi tanpa sesak napas atau penurunan saturasi oksigen. Biasanya, dapat ditemukan gejala salah satu atau lebih seperti demam, batuk, kelelahan, nyeri otot, sakit kepala, diare, mual, muntah, tidak mencium bau, serta lidah tidak merasakan makanan.

Jubir Satgas Covid-19 Prof Wiku Adisasmito membagikan tips mengenali gejala corona. Termasuk cara isolasi melakukan isolasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News