Profil Hadi Tjahjanto, Eks Panglima TNI, Dekat dengan Jokowi, Kini Jadi Menteri  

Profil Hadi Tjahjanto, Eks Panglima TNI, Dekat dengan Jokowi, Kini Jadi Menteri  
Eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto yang kini dilantik sebagai Menteri ATR/BPN. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR menggantikan Sofyan Djalil di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/6).

Pelantikan Hadi digelar berbarengan dengan Ketum PAN Zulkifli Hasan yang ditunjuk menjadi Mendag RI menggantikan Muhammad Lutfi.

Kemudian seperti apa profil dan rekam jejak Hadi sebelum ditunjuk menjadi Menteri ATR?

Hadi diketahui lama berkecimpung di militer sebelum ditunjuk sebagai menteri. Dia lulus dari Akmil pada 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU setahun berikutnya.

Hadi mengawali karier di militer dengan bertugas di Skadron Udara 4 yang bermarkas di Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh, Malang, Jawa Timur.

Karier anak dari prajurit TNI itu kemudian meningkat menjadi Seksi Latihan Skadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh.

Memasuki periode 2000, Hsfi kemudian dipercaya menjadi Kepala Seksi Keamanan dan Pertahanan Pangkalan Dinas Operasi Lanud Adi Sucipto.

Pria kelahiran Malang, Jawa Timur itu kemudian sempat dipercaya menjabat Komandan Pangkalan Udara Adisumarmo pada 2010.

Eks Panglima TNI Hadi Tjahjanto dilantik Presiden Jokowi menjadi Menteri ATR. Dia dilantik bersama dengan Zulkifli Hasan yang menjabat sebagai Mendag.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News