Profil Zulkifli Hasan: Pernah PNS, Bos Sejumlah Perusahaan, Kini Wakil Ketua MPR

Profil Zulkifli Hasan: Pernah PNS, Bos Sejumlah Perusahaan, Kini Wakil Ketua MPR
Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR periode 2019-2024. Foto; Humas MPR

jpnn.com, JAKARTA - Berikut ini merupakan profil Zulkifli Hasan yang kini menjadi wakil ketua MPR periode 2019-2024.

Pada periode 2014-2019, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu menduduki kursi ketua MPR.

Zulkifli Hasan sudah matang di dunia politik. Pria 57 tahun itu sudah menjadi anggota DPR RI pada tahun 2004 dengan PAN sebagai kendaraan politiknya.

Zulkifli lahir di Lampung Selatan, 17 Mei 1962 dari pasangan Hasan dan Siti Zaenab. Masa kecil hingga beranjak remaja dia habiskan di kampung halaman.

Zulkifli hijrah ke Jakarta dan bersekolah di SMAN 53 Jakarta. Zulkifli melanjutkan pendidikan dengan berkuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Krisnadwipayana, Jakarta tahun 1996.

Kelar kuliah, Zulkifli muda tak langsung terjun ke dunia politik. Dia terlebih dahulu mencoba membangun karir dengan menjadi PNS (pegawai negeri sipil) pada sebuah instansi Pemerintah.

Namun status sebagai pegawai abdi negara itu tidak dia tekuni dalam waktu lama. Pria yang mengambil gelar magister Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen PPM, Jakarta itu kemudian banting setir menjadi wirausahawan.

Usaha-usaha yang dia kembangkan ternyata berhasil mendulang kesuksesan. Setidaknya dia berhasil duduk dalam jajaran pimpinan di empat perusahaan.

Profil Zulkifli Hasan, sosok yang sudah matang di dunia politik, saat ini menjadi wakil ketua MPR periode 2019-2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News