Program Mudik Gratis Solusi Mengurangi Angka Kecelakaan

Program Mudik Gratis Solusi Mengurangi Angka Kecelakaan
Anggota DPD RI dari Provinsi NTT, Andre Garu. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI, Andre Garu mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan untuk menggelar program mudik gratis pada musim Lebaran tahun ini. Ia menilai langkah tersebut dapat menjadi solusi untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan.

"Program mudik gratis tersebut ditujukan kepada para pemudik bersepeda motor. Mereka adalah kelompok yang sangat rawan kecelakaan,” kata Andre Garu di Jakarta, Rabu (14/6).

Untuk mudik kali ini, Kemenhub menyediakan sejumlah moda transportasi gratis seperti bus kereta api, kapal penyeberangan dan kapal Roro.

Senator asal Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini juga mengapresiasi langkah Kemenhub yang serius menjaga keselamatan penumpang. Salah satunya dengan melakukan pengecekan ramp check.

“Kita tahu bahwa banyak kecelakaan yang terjadi karena bus-bus yang beroperasi tidak laik jalan. Menhub harus menindak tegas pemilik bus yang lalai atau melanggar aturan,” katanya.

Menteri Perhubungan (Menhunb), Budi Karya Sumadi menyatakan akan memberhentikan semua bus tanpa stiker yang beroperasi saat arus mudik. Stiker diberikan kepada bus yang lolos uji ramp check.

“Pemberian stiker itu dilakukan untuk memberikan keselamatan bagi penumpang saat perjalanan,” kata Menhub Budi Karya.

Menhub sangat ketat soal keselamatan berkendara. Karena itu, dia sendiri turun ke lapangan dan mengecek langsung ramp check semua kendaraan bus.

Anggota DPD RI, Andre Garu mengapresiasi langkah Kementerian Perhubungan untuk menggelar program mudik gratis pada musim Lebaran tahun ini. Ia menilai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News