Program PLEK Bantu Rumah Tangga Petani Kelola Keuangan

Program PLEK Bantu Rumah Tangga Petani Kelola Keuangan
Petani di Kabupaten Bima, NTB, mengikuti kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK). Foto: Humas Kementan

jpnn.com, BIMA - Sebanyak 114 orang peserta yang berasal dari 74 rumah tangga petani Program IPDMIP di Kabupaten Bima, NTB, mengikuti kegiatan Pelatihan Literasi dan Edukasi Keuangan (PLEK). Kegiatan berlangsung 7-8 September 2021.

Kepala Seksi Pembinaan Kelembagaan Penyuluhan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bima Basri menjelaskan bahwa kegiatan PLEK dilaksanakan di enam lokasi, yaitu di BPP Kecamatan Lambu, Sape, Madapangga, Bolo, Wera dan Palibelo. Adapun target peserta PLEK di Kabupaten Bima tahun 2021 sebanyak 168 orang yang berasal dari 84 rumah tangga petani.

Sebanyak 54 orang (27 rumah tangga) di antaranya telah mengikuti kegiatan PLEK di Balai Pelatihan Pertanian dan Perkebunan Propinsi NTB 19–21 Agustus 2021.

“Fasilitator kegiatan ini adalah para penyuluh yang telah memperoleh pelatihan PLEK yang difasilitasi Program IPDMIP BPPSDMP Kementerian Pertanian,” ujar Basri melalui keterangan tertulisnya, Selasa (14/9).

Kepala BPP Kecamatan Bolo Ibrahim menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan PLEK ini.

Menurutnya, kegiatan PLEK sangat penting untuk mengedukasi para petani tentang pengelolaan keuangan usaha tani tingkat rumah tangga, juga sangat bermanfaat dalam mendukung pencapaian indikator kinerja penyuluh, khususnya terkait dengan percepatan proses diseminasi informasi kepada para petani.

“Terima kasih kepada Kementerian Pertanian yang telah memfasilitasi berbagai kegiatan yang mendukung upaya peningkatan kapasitas SDM para petani dan penyuluh, salah satunya melalui kegiatan PLEK Program IPDMIP ini,” tuturnya.

Salah seorang fasilitator PLEK Endang Mastari menjelaskan bahwa materi pokok yang disampaikan pada kegiatan PLEK tentang produk dan layanan keuangan di sektor pertanian, KUR dan Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP), pengelolaan usaha tani serta pengelolaan keuangan rumah tangga.

Program PLEK yang digulirkan Kementan bertujuan mengedukasi para petani tentang pengelolaan keuangan usaha tani tingkat rumah tangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News