Program Saya Mau Sukses untuk TKIB ala Rusdi Kirana

Program Saya Mau Sukses untuk TKIB ala Rusdi Kirana
Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Rusdi Kirana. Foto JPNN.com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Kedutaan Besar Indonesia untuk Malaysia meluncurkan program “Saya Mau Sukses”. Program ini ditujukan kepada para Tenaga Kerja Indonesia Bermasalah (TKIB).

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana mengatakan, program yang diluncurkan merupakan rangkaian pelatihan keterampilan kepada TKIB yang menghuni rumah perlindungan sementara (shelter) di Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur.

“Ini upaya untuk menghentikan siklus kembalinya mereka menjadi TKI informal ke luar negeri,” kata Rusdi Kirana di KBRI Kuala Lumpur, Senin (11/9).

Program pelatihan untuk TKIB telah dimulai sejak 6 September 2017. Sejauh ini pada tahap awal, sudah 25 TKIB yang umumnya wanita mendapatkan pelatihan.

Pelatihan yang diperoleh mulai dari menjahit, memijat tradisional dan membuat souvenir. Program pelatihan yang dijalankan bekerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan Cemara Ayu.

“Kami berharap dengan program ini akan melahirkan entrepreneur-entrepreneur usaha kecil menengah dan menciptakan lapangan pekerjaan baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” kata Rusdi.

Tidak berhenti hanya memberi keterampilan saja. Para TKIB yang punya potensi juga tetap dikawal untuk bekerja di sentra-sentra UKM dengan memproduksi souvenir atau ke daerah wisata.

Sementara untuk pemodalan, Rusdi Kirana juga sudah menjalin kerja sama dengan salah satu bank yang berstatus Badan Usaha Milik Negara.

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Rusdi Kirana mengatakan, program yang diluncurkan merupakan rangkaian pelatihan keterampilan kepada TKIB yang menghuni rumah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News