Program Silver Expert, Jurus BPSDMI Kemenperin Tingkatkan SDM Industri

Program Silver Expert, Jurus BPSDMI Kemenperin Tingkatkan SDM Industri
BPSDMI Kemenperin menghadirkan program pembelajaran Silver Expert pada unit pendidikan yang dikelolanya. Foto dok Kemenperin

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan SDM Industri (BPSDMI) terus berkomitmen meningkatkan kualitas SDM yang mampu berdaya saing dan sesuai dengan kebutuhan industri.

Selain menerapkan kurikulum yang link and match dengan industri, BPSDMI Kemenperin juga menghadirkan program pembelajaran Silver Expert pada unit pendidikan yang dikelolanya, yakni 9 SMK, 11 Politeknik, dan 2 Akademi Komunitas yang tersebar di wilayah Indonesia.

"Program pembelajaran Silver Expert merupakan program yang dilaksanakan seluruh unit pendidikan Kemenperin, dengan cara menghadirkan pelaku industri yang sudah berpengalaman di bidangnya untuk mengajar di lingkungan sekolah," ujar Kepala Prodi Manajemen Logistik Industri Elektronika, Erika Fatma.

Pada tahun ini, Politeknik APP Jakarta menghadirkan beberapa pelaku industri yang menjadi dosen tamu dari industri-industri ternama di Indonesia.

“Silver Expert sangat membantu menambah wawasan mahasiswa mengenai perkembangan terkini dan masalah-masalah aktual yang terjadi di industri, serta memahami aplikasi dari ilmu dan keterampilan yang telah dipelajari di kampus. Kami juga melihat mahasiswa antusias untuk mendengarkan materi dari praktisi,” jelas Erika.

Tak hanya bertujuan untuk berbagi dengan mahasiswa di Politeknik APP Jakarta, program pembelajaran Silver Expert ini juga digelar sebagai wadah untuk berbagi dengan dosen mengenai perkembangan isu-isu, tantangan dan strategi yang dihadapi oleh perusahaan terkait dengan bidang mata kuliah yag diajarkan.

Untuk membentuk SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri, program pembelajaran Silver Expert didakan satu kali dalam setiap Semester, sehingga masing-masing mahasiswa akan mendapatkan program ini sebanyak 5 kali hingga lulus.

"Expert yang diundang pun merupakan Expert di bidangnya, dengan posisi minimal Senior Manager ke atas dengan pengalaman lebih dari 5 tahun," tutur Erika.

BPSDMI Kemenperin juga menghadirkan program pembelajaran Silver Expert pada unit pendidikan yang dikelolanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News