Program Transmigrasi Terbukti Memberi Manfaat Bagi Transmigran

Program Transmigrasi Terbukti Memberi Manfaat Bagi Transmigran
Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Aisyah Gamawati dalam acara Kuliah Online Akademi Desa bertajuk Kontribusi Transmigrasi Membangun Negeri, Kamis (9/9/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus mendorong upaya transmigrasi bagi keluarga pra sejahtera.

Hingga tahun ini Kemendes PDTT telah berhasil mendorong 2,2 juta kepala keluarga untuk pindah ke wilayah potensial baru.

“Sampai tahun 2021 ini, pemerintah sudah memindahkan sebanyak 2,2 juta keluarga atau 9,1 juta jiwa yang telah bertransmigrasi ke seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi Aisyah Gamawati dalam acara Kuliah Online Akademi Desa bertajuk Kontribusi Transmigrasi Membangun Negeri, Kamis (9/9/2021).

Dia mengatakan penyelenggaraan transmigrasi terbukti memberikan manfaat bagi para transmigran maupun wilayah tujuan transmigrasi.

Bagi para transmigran mereka mendapatkan harapan baru untuk meningkatkan kesejahteraan hidup, sedangkan di wilayah tujuan transmigrasi tercipta pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baru.

“Transmigrasi merupakan langkah konkret dan nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menyeimbangkan kepadatan wilayah serta mengembangkan wilayah tujuan transmigran,” kata Aisyah.

Aisyah mengungkapkan para transmigran mendapatkan berbagai fasilitas dari pemerintah untuk berkembang. Mereka memperoleh hak milik atas tanah, mendapatkan bantuan permodalan dan sarana-prasarana dan sarana produksi.

“Selain itu para transmigrant juga memperoleh jaminan pengurusan administrasi dengan badan usaha, peningkatan pendapatan, pendidikan dan pelatihan serta pelayanan kesehatan,” kata dia.

Aisyah Gamawati mengatakan penyelenggaraan transmigrasi terbukti memberikan manfaat bagi para transmigran maupun wilayah tujuan transmigrasi.