Program Wajib Kondom Mulai Berhasil

Upaya Cegah Penularan PMS dan HIV/AIDS

Program Wajib Kondom Mulai Berhasil
Program Wajib Kondom Mulai Berhasil
BATAM - Program penggunaan kondom 100 persen atau wajib kondom di Pusat Rehabilitasi Sosial Non Panti (PRSNP) Telukpandan mulai membuahkan hasil. Hal itu terlihat dari kesadaran wanita pekerja seks komersil di lokasisai Sintai itu akan bahaya penyakit menular seksual (PMS) dan HIV/AIDS.

  

Program yang diluncurkan Wakil Gubernur HM Sani, Juni 2008 silam, memang bertujuan mencegah penularan PMS dan HIV/AIDS di Batam. Dengan program ini, setiap tamu, wajib mengenakan kondom ketika bertransaksi seksual dengan wanita pekerja seks di lokalisasi itu. "Kalau tak mau pake (kondom) ya lebih baik gak usah. Meskipun sudah di kamar, sudah telanjang, ya gak jadi," ujar Ratna, salah satu wanita penghibur di Sintai.

  

Menurut koordinator pengusaha bar Sintai, Joni, para wanita pekerja seks di Sintai tak mau menangung risiko tertular penyakit akibat berhubungan seks. Jadi mereka selalu memperingatkan pria yang mengencani agar mengenakan kondom. Selain pencegahan melalui penggunaan kondom, para pekerja di 32 bar itu rutin memeriksakan kesehatan kelamin.

Tiap bulan mereka memeriksakan kesehatan kelamin dan per tiga bulan pemeriksaan darah untuk mengetahui adanya penularan HIV/AIDS atau tidak. "Pemeriksaan itu juga wajib, jangan sampai ada yang positif (tertular PMS dan HIV/AIDS)," tegas Joni.

  

BATAM - Program penggunaan kondom 100 persen atau wajib kondom di Pusat Rehabilitasi Sosial Non Panti (PRSNP) Telukpandan mulai membuahkan hasil.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News