Proyek Underpass Interchange Cisumdawu Ditarget Rampung Sebelum Lebaran

Proyek Underpass Interchange Cisumdawu Ditarget Rampung Sebelum Lebaran
Kepala BBPJN VI Hari Suko Setiono bersama Dirlantas Polda Jabar Kombes Eddy DJ meninjau ke lokasi proyek di simpang Cileunyi, Rabu (15/1). Foto: Erwin Mintara/Jabar Ekspress

jpnn.com, BANDUNG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI menargetkan pembangunan Underpass Interchange Cisumdawu yang berada di pertigaan Jalan Raya Garut–Cileunyi dapat selesai sebelum Hari Raya Idulfitri 2020.

Kepala BBPJN VI Hari Suko Setiono mengatakan, untuk mendukung percepatan pembangunan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, Ditlantas Polda Jabar dan Dinas Perhubungan Jawa Barat.

"Agar pembangunan terlaksana sesuai dengan rencana, kami akan berlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) dari arah exit Tol Purbaleunyi menuju arah Garut-Tasik," kata Hari Suko saat melakukan peninjauan ke lokasi proyek di simpang Cileunyi, Rabu (15/1).

Dia menyebutkan, rekayasa lalu lintas akan dimulai pada 15 Januari 2020 sampai 13 Mei 2020. Rekayasa dilakukan agar proses pembangunan tidak terganggu dengan situasi lalu lintas di kawasan Cileunyi yang terkenal sangat padat.

"Jadi rekayasa lalu lintas ini juga dilakukan untuk menunjang pembangunan underpass jalan bebas hambatan Cisumdawu dan meminimalisir dampak kemacetan lalu lintas," ucap Hari.

Menurutnya, rekayasa lalu lintas sudah dilakukan kajian dan analisanya tentang kemungkinan dampak dari adanya pembangunan underpass itu.

Sedangkan untuk analisis dampak lingkungan (Amdal) sudah dipegang pihak pelaksana proyek. Termasuk, melakukan koordinasi dengan semua stakeholder terkait. "Tentunya sudah ada masukan berharga menyusun rekayasa lalulintas ini," katanya.

Hari menambahkan, pengerjaan proyek underpass ini, sudah melalui proses panjang. Sehingga, untuk pelaksanaannya ditargetkan akan selesai sebelum Hari Raya Idulfitri.

BBPJN VI bersama kepolisian dan Dishub Jabar akan berlakukan rekayasa lalu lintas dari arah exit Tol Purbaleunyi menuju Garut-Tasik agar tidak mengganggu pembangunan Underpass Interchange Cisumdawu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News