PSI Partai Pertama yang Kunjungi Kampung Nelayan Muarareja

PSI Partai Pertama yang Kunjungi Kampung Nelayan Muarareja
Rombongan PSI di kampung nelayan Muarareja, Tegal. Foto: Ist

jpnn.com, TEGAL - Rombongan Solidarity Tour Partai Solidaritas Indonesia (PSI) blusukan ke Kampung Nelayan Muarareja, Tegal, Jawa Tengah. Di sana mereka menemukan bahwa kampung tersebut hampir lima belas tahun terakhir belum tersentuh oleh pembangunan.

Untung, salah seorang nelayan Muarareja mengatakan bahwa PSI merupakan partai pertama yang mengunjungi tempat itu. "Pada 2005 sempat dibangunkan tanggul namun berhenti begitu saja," ujar Ketua DPP PSI Isyana Bagoes Oka di hadapan awak media, Senin (25/2).

Isyana menjelaskan, warga mengeluhkan soal pendangkalan muara yang semakin parah dalam beberapa tahun terakhir. Akibatnya, kapal-kapal kecil nelayan jadi mudah rusak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, selain pengerukan, nelayan Muarareja sangat membutuhkan pembangunan dock yang layak tempat kapal-kapal mereka bersandar. Serta bengkel kapal yang memadai.

Kehadiran infrastruktur ini, lanjut Isyana, nantinya akan menekan biaya perbaikan kapal yang sangat memberatkan nelayan kecil.

"Kedua, warga di sini mengaku anak-anaknya tidak disekolahkan secara layak karena harus membantu perekonomian keluarga. Kami di PSI akan mendorong agar bank mikro nelayan segera masuk ke sini. Pendidikan harus jadi prioritas utama karena bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam jangka panjang," kata Isyana.

Dalam kesempatan tersebut Isyana juga menyinggung potensi ekonomi yang dimiliki oleh nelayan Muarareja.

"Di sini ada ikan kualitas ekspor, telumpa, yang harganya mencapai Rp.130.000,-/kg. Pembelinya orang Korea yang datang langsung ke sini. Saya kira, kalau nelayan Muarareja lebih cepat kita perkenalkan dengan platform e-commerce pasarnya bisa terbuka lebih luas lagi," tutup Isyana.

Rombongan Solidarity Tour Partai Solidaritas Indonesia (PSI) blusukan ke Kampung Nelayan Muarareja, Tegal, Jawa Tengah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News