PT 4 Persen Bukan Ayat Kitab Suci

PT 4 Persen Bukan Ayat Kitab Suci
PT 4 Persen Bukan Ayat Kitab Suci
JAKARTA  -  Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menanggapi pro kontra pembahasan UU Pemilu.  Soal parliamentary threshold misalnya, Anas menilai angka PT 4 persen itu bukanlah harga mati, meskipun angka 4 persen adalah pilihan yang moderat, rasional dan akomodatif.

”Tapi bagi kami angka 4 persen juga bukan seperti ayat di kitab suci yang tidak bisa ditawar-tawar. Demi kepentingan demokrasi dan kebersamaan politik, angka tersebut terbuka untuk didiskusikan,” katanya kemarin.

Prinsipnya, kata Anas harus ada peningkatan bagi penyederhanaan sistem kepartaian secara serius namun tetap berjalan alamiah. Menurut Anas, Pemilu seharusnya harus menjamin azas representasi (keterwakilan) guna meningkatkan akuntabilitas politik parlemen. Sebab jika tidak ada kemajuan akan berdampak kepada  kerugian besar bagi pembangunan demokrasi.

”Bagi Partai Demokrat,  prinsipnya perbaikan UU Pemilu untuk lebih menjamin asas representasi dan meningkatkan akuntabilitas politik parlemen. Karena itu harus ada perbaikan, kemajuan dan penyempurnaan. Jangan sampai tidak ada kemajuan dan stagnasi, apalagi kemunduran. Stagnan dan apalagi mundur adalah kerugian besar bagi pembangunan demokrasi,” kata Anas, Kamis (12/1) di gedung DPR.

JAKARTA  -  Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menanggapi pro kontra pembahasan UU Pemilu.  Soal parliamentary threshold

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News