PT BUMI Resources Targetkan Ekspor Utama ke Tiongkok & India

PT BUMI Resources Targetkan Ekspor Utama ke Tiongkok & India
PT Bumi Resources (Ilustrasi). Foto dok BUMI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk., Adika Nuraga Bakrie meyakini permintaan dan produksi batubara akan terus berlanjut.

Terlebih, Indonesia masih menjadi negara pengekspor batubara termal terbesar, dengan volume ekspor 500 juta ton atau 34,1 persen dari total pasokan ekspor global yang menjadikannya pemain utama dalam industri batubara dunia.

Konsumsi dan impor batubara Asia diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan berkurangnya konsumsi batubara di wilayah lain.

Dirinya berharap akan terjadi transisi dalam 10-20 tahun mendatang untuk energi terbarukan, namun tentunya semua tergantung pada pergerakan perkembangan teknologi yang akan terjadi.

"Oleh karenanya, dalam 10-15 tahun ke depan, kami yakin BUMI masih berada pada posisi terkuat di tengah persaingan global yang makin ketat. Target pasar ekspor utama kami adalah Tiongkok dan India," ujar Aga Bakrie dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/3).

Aga menambahkan dalam mendukung program pemerintah terkait hilirisasi, BUMI saat ini tengah menjajaki calon mitra strategis dari Tiongkok untuk proyek hilirisasi batubara.

"Dan tentunya semua akan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku di Indonesia," serunya.(chi/jpnn)

Indonesia masih menjadi negara pengekspor batubara termal terbesar, dengan volume ekspor 500 juta ton atau 34,1 persen dari total pasokan ekspor global.


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News