JPNN.com

PT PP Rampungkan Pembangunan New Yogyakarta International Airport

Sabtu, 15 Agustus 2020 – 17:30 WIB
PT PP Rampungkan Pembangunan New Yogyakarta International Airport - JPNN.com
Area New Yogyakarta International Airport (YIA). Foto dok PT PP

jpnn.com, YOGYAKARTA - PT PP berhasil menyelesaikan pembangunan proyek Yogyakarta International Airport (YIA) tercepat di Indonesia. Perseroan menerapkan aplikasi Building Information Modelling (BIM) selama masa konstruksi.

Yogyakarta International Airport merupakan satu-satunya bandara di Indonesia yang memiliki Lantai Basement sebagai akses service karyawan dan tenant. Yogyakarta International Airport yang terletak di Kulon Progo, Yogyakarta telah beroperasi penuh pada akhir Maret 2020.

Direktur Utama PT PP Novel Arsyad menjelaskan dari sisi pembangunan airside bisa diselesaikan dengan cepat dalam waktu delapan bulan.

Selain itu, runway bandara tersebut dapat menampung pesawat terberat, yaitu Boeing 777 dengan kapasitas penuh dan pesawat terbesar, yaitu Airbus 380.

Kapasitas ultimate runway bisa mencapai lebih besar dari 40 pergerakan pesawat per jam. Sedangkan dari sisi landside, kapasitas terminal di Yogyakarta International Airport mampu melayani 20 juta penumpang per tahun.

Proyek yang memiliki nilai kontrak sebesar Rp6,98 triliun ini berhasil menyelesaikan zona airside tercepat dan bandara dengan pemakaian beton terbanyak.

"Proyek bandara ini dikerjakan dengan hasil atau kualitas terbaik yang bermanfaat bagi para Pemangku Kepentingan," kata Arsyad.

Selain itu, dalam bandara ini terdapat bangunan Crisis Centre dan Lantai Keberangkatan Terminal Penumpang yang digunakan sebagai tempat khusus penanganan dan evakuasi bencana tsunami.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...