PTKI Gelar Festival Bakcang, Darmadi Durianto: Memperkuat Persaudaraan

PTKI Gelar Festival Bakcang, Darmadi Durianto: Memperkuat Persaudaraan
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Darmadi Durianto (tengah) sekaligus Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia (PTKI) saat menghadiri Festival Bakcang di P4 Season City Jakarta, Minggu (5/6/2022). Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia (PTKI) merayakan Festival Bakcang di P4 Season City Jakarta, Minggu (5/6/2022).

Perayaan ini sebagai bentuk saling merangkul, saling menjaga silaturahmi dan persaudaraan.

Tradisi makan bakcang ini muncul sejak zaman Qun Chiu (722 SM – 481 SM).

PTKI dalam keterangan pers pada Senin (6/5/2022) menyebutkan tradisi ini biasanya dirayakan bulan lima tanggal lima penanggalan lunar. Khususnya di Indonesia tradisi ini terus dijaga, karena memiliki makna yang dalam.

PTKI merupakan organisasi yang dibentuk dengan semangat persaudaaran yang kental sebagaimana isi bakcang yang padat, lengket dan kental.

Bakcang sendiri dibuat dari beras ketan yang isinya ketika sudah matang bersifat lengket jika dimaknai memiliki arti bahwa persaudaraan harus terus dijaga agar tetap lengket, tetap terjalin dengan baik, tanpa membedakan latar belakang apa pun.

Dengan tingginya rasa persaudaraan dengan siapa pun maka segala masalah dengan mudah dapat diselesaikan.

Selain itu, Festival Bakcang juga untuk mengenang nilai-nilai kepemimpinan yang setia kepada rakyat.

Ketua Dewan Pengarah Perhimpunan Tionghoa Kalbar Indonesia (PTKI) Darmadi Durianto mengatakan perayaan Festival Bakcang ini untuk memperkuat persaudaraan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News