PTPN III Kerja Sama dengan Produsen Susu Dunia, Menteri BUMN: Dikelola dengan Kontrol Ketat

PTPN III Kerja Sama dengan Produsen Susu Dunia, Menteri BUMN: Dikelola dengan Kontrol Ketat
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian BUMN, terus berupaya meningkatkan produksi susu dalam negeri.

Salah satunya, dengan memperbaiki produksi susu segar dari sisi hulu dengan membentuk kemitraan antara peternak susu dengan koperasi dan industri besar.

“Kementerian BUMN aktif mendorong keterlibatan perusahaan-perusahaan BUMN untuk memberikan dukungan, baik melalui kerja sama lahan, keterlibatan dalam rantai pasok makanan, pendampingan serta pembiayaan bagi UMKM,” ujar Menteri BUMN Erick Thohir.

Kementerian BUMN juga akan menjalin kerja sama dengan FrieslandCampina, salah satu produsen produk olahan susu yang dimiliki oleh koperasi peternak susu terbesar di dunia, yang beranggotakan lebih dari 16.500 peternak sapi perah.

Nantinya kerja sama ini akan dikembangkan oleh Holding Perkebunan Nusantara PTPN III bersama dengan ID Food, HVA International B.V dan Frisian Flag Indonesia, sebagai salah satu perusahaan turunan dari FrieslandCampina.

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III melalui anak usahanya yaitu PTPN VIII berperan dalam menyediakan lahan ternak.

Penyediaan lahan ini merupakan implementasi strategi optimalisasi asset, khususnya pemanfaatan lahan-lahan non-produktif di PTPN Group.

ID FOOD bersama anak usahanya akan memasok pakan ternak ke peternakan sapi perah yang didirikan sebagai pelaksanaan kerja sama. 

Nantinya kerja sama ini akan dikembangkan oleh Holding Perkebunan Nusantara PTPN III bersama dengan ID Food, HVA International B.V dan Frisian Flag Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News