PTUN Perumit Konflik Pilkada

PTUN Perumit Konflik Pilkada
PTUN Perumit Konflik Pilkada
JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, hingga 23 Desember 2010 sudah ada 222 daerah yang telah menggelar pemilukada. Rinciannya, tujuh pilgub/wagub, 180 pilbup/wabup, dan 35 pilwako/wawako. Dari jumlah itu, 195 daerah kepala daerah/wakil kepala daerah sudah dilantik karena sudah mendapatkan SK pengesahan pengangkatan.

Sementara, masih ada 27 daerah yang sudah pemilukada namun belum mengusulkan proses pengesahan.Yang belum mengusulkan itu, kata Gamawan, karena masih menunggu selesaikan putaran kedua, atau masih menjalani sengketa pemilukada di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Dalam konteks pelaksanaan pilkada 2010, sengketa hukum terkait perselisihan hasil pilkada menjadi fenomena politik yang secara signifikan cukup mempengaruhi konstelasi politik di daerah," ujar Gamawan Fauzi dalam acara refleksi dan evaluasi pelaksanaan otonomi daerah 2010 di gedung Kemendagri, Jumat (31/12).

Data hingga 23 Desember 2010, terdapat 244 gugatan pemilukada ke MK. Rinciannya, 213 telah diputus dan 11 masih dalam proses hukum. "Perlu kami sampaikan bahwa dalam satu pilkada dimungkinkan permohonan gugatannya diajukan lebih dari satu," kata mantan gubernur Sumbar itu.

JAKARTA -- Mendagri Gamawan Fauzi menjelaskan, hingga 23 Desember 2010 sudah ada 222 daerah yang telah menggelar pemilukada. Rinciannya, tujuh pilgub/wagub,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News