Puan: Jangan Menyia-nyiakan Pengorbanan Masyarakat yang Berdiam Diri di Rumah Cegah Covid-19

Puan: Jangan Menyia-nyiakan Pengorbanan Masyarakat yang Berdiam Diri di Rumah Cegah Covid-19
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan rakyat menaruh harapan pada pemerintah untuk dapat mengendalikan dan menangani pandemi Covid-19, yang saat ini jumlahnya masih terus meningkat di sejumlah daerah. 

Cucu Proklamator Bung Karno itu menegaskan pemerintah pusat dan daerah harus berkoordinasi, bersinergi, dan konsisten dalam pelaksanaan kebijakan.

"Ambil kebijakan yang berbasis data, dengarkan masukan dari berbagai pihak, hadirkan politik dengan wajah kemanusiaan, jangan politisasi keadaan," kata Puan dalam pidatonya pada Rapat Paripurna DPR Penutupan Masa Persidangan I Tahun Sidang 2020-2021 di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10).

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan pemerintah agar tidak menyia-nyiakan pengorbanan masyarakat dalam upaya mencegah penularan Covid-19. 

"Jangan sia-siakan pengorbanan masyarakat yang sudah berdiam diri di rumah selama ini untuk menjaga diri dan menjaga lingkungannya," ungkap perempuan pertama yang menjadi ketua DPR itu.

Dia menambahkan, ketidakpastian  yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19 masih akan berlanjut. Semua makin dituntut untuk memperkuat kerja bersama, gotong royong, dalam membangun kekuatan bersama rakyat.

"Supaya rakyat memiliki tingkat kesehatan yang tinggi, rakyat memiliki ketahanan sosial, rakyat juga memiliki ketahanan ekonomi, serta rakyat memiliki optimisme untuk menghadapi situasi yang sulit ini," jelasnya.

Mbak Puan  mengingatkan untuk terus berdisiplin menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak fisik.  Ia menegaskan menjalankan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19 adalah bentuk tanggung jawab kemanusiaan.

Puan Maharani meminta jangan menyia-nyiakan pengorbanan masyarakat yang telah berdiam diri di rumah mencegah penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News