Puan Minta Pemerintah Menjelaskan Protokol Pencegahan Virus Corona

Puan Minta Pemerintah Menjelaskan Protokol Pencegahan Virus Corona
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani meminta masyarakat Indonesia tidak panik terhadap wabah virus corona. Puan meminta masyarakat mengikuti prosedur pencegahan dan penanganan yang disarankan petugas kesehatan.

Untuk mengatasi kesimpangsiuran informasi, Puan meminta pemerintah perlu membuat pernyataan tentang data sebenarnya. "Sekaligus memberi keyakinan dengan menunjukkan pada masyarakat bahwa pemerintah bekerja untuk mencegah masuknya virus corona," kata Puan, Senin (27/1).

Puan mengatakan DPR meminta pemerintah meningkatkan kewaspadaan, tidak bertindak bussines as usual terhadap isu virus ini. Upaya pencegahan harus dimaksimalkan, termasuk memastikan persiapan maksimal alat dan tenaga medis.

Selain itu, ia meminta Kemenkes bersama instansi terkait menjelaskan protokol-protokol pencegahan virus corona masuk ke wilayah Republik Indonesia. "Serta penanggulangannya bila virus itu sudah masuk ke wilayah RI," ujar Puan.

Politikus PDI Perjuangan itu meminta pemerintah segera menyusun dan menyosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan virus corona ke pemerintah daerah.

"Protokol pencegahan termasuk ditinjau apakah perlu atau dalam kondisi apa dianggap perlu ada larangan bagi warga atau orang yang baru mengunjungi China agar dilarang masuk wilayah RI untuk sementara," kata Puan. (boy/jpnn)

Puan meminta pemerintah perlu membuat pernyataan tentang data tentang penyebaran virus corona yang sebenarnya.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News