Publik Bisa Bedakan Ketulusan Jokowi dan SBY

Publik Bisa Bedakan Ketulusan Jokowi dan SBY
Publik Bisa Bedakan Ketulusan Jokowi dan SBY
JAKARTA - Aksi "blusukan" Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk mendengar langsung keluhan warga Jakarta mengundang decak kagum masyarakat. Menurut budayawan Romo Mudji Sutrisno, pemimpin memang seharusnya dekat dengan rakyat dan mau mendengarkan isi hati masyarakat.

Menurutnya, sebenarnya blusukan itu bukan hal baru bagi Jokowi. Sebab saat menjadi Wali Kota Surakarta pun Jokowi juga melakukan hal serupa. Karenanya ketika kebiasaan itu dibawa ke Jakarta, Jokowi tak canggung lagi.

Romo Mudji justru membandingkan aksi blusukan Jokowi dengan yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Ketika Presiden SBY melakukan itu, kan sebelumnya dia juga melakukan itu tapi kan agak lupa. Nah sekarang dia baru lakukan itu. Tapi rakyat kan bilang, ini citra.  Tapi akan kelihatan nanti. Mana orang tulus itu," ujar Romo Mudji di Jakarta, Sabtu (5/1).

Lebih lanjut Romo Mudji mencontohkan tipe pejabat yang tidak tulus bekerja. Di antaranya adalah sejumlah menteri yang mendatangi kegiatan masyarakat lalu minta diliput dan ditunjukkan aksinya.

JAKARTA - Aksi "blusukan" Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo untuk mendengar langsung keluhan warga Jakarta mengundang decak kagum masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News