Puisi Sukmawati Soekarnoputri: Alasan Kapitra Ajukan Somasi

Puisi Sukmawati Soekarnoputri: Alasan Kapitra Ajukan Somasi
Kapitra Ampera. Foto: Gunawan Wibisono/Jawapos.com

jpnn.com, JAKARTA - Puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul Ibu Indonesia menuai reaksi keras dari Persaudaraan Alumni 212.

Penasihat Persaudaraan Alumni 212 Kapitra Ampera menilai, puisi Sukmawati yang dibacakan dalam acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018 ada unsur penodaan agamanya.

“Itu puisi ada dugaan penistaan agama," ujar Kapitra ketika dikonfirmasi JPNN, Selasa (3/4).

Adapun bagian yang dianggap penistaan agama, menurut pria kelahiran 1966 tersebut, ketika putri Presiden Pertama RI Soekarno itu membandingkan azan dengan kidung, kemudian cadar dengan konde.

Kapitra bahkan menyatakan akan melakukan somasi atas puisi kontroversial itu.

Dia lantas menuturkan, azan adalah panggilan beribadah bagi umat Islam. Oleh karena itu tidak sepatutnya jika dibanding-bandingkan dengan hal lain, termasuk karya seni.

"Membandingkan puisi, kidung dengan aturan agama, syariat agama. Azan itu bagi saya tidak hanya sekedar suara tapi panggilan ibadah,” tegas dia. (mg1/jpnn)

Berikut kutipan lengkap puisi Sukmawati yang dibacanya pada acara peringatan 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Indonesia Fashion Week 2018.

Puisi Sukmawati Soekaroputri berjudul Indonesia dinilai mengandung unsur penodaan agama, Kapitra Ampera berencana mengajukan somasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News