JPNN.com

Pujian Menteri Tjahjo kepada Menkum HAM Yasonna: Ini Prestasi yang Luar Biasa

Selasa, 26 Januari 2021 – 22:03 WIB
Pujian Menteri Tjahjo kepada Menkum HAM Yasonna: Ini Prestasi yang Luar Biasa - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo memuji Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) Yasonna Laoly, atas upayanya membangun zona integritas dengan sungguh-sungguh untuk memperoleh predikat wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM).

"Ini prestasi yang luar biasa, karena membangun unit kerja pelayanan berpredikat WBK/WBBM mensyaratkan komitmen yang tinggi,” ujar Menteri Tjahjo dalam Deklarasi Janji Kinerja dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Kemenkumham Tahun 2021, di Jakarta, Selasa (26/1).

Tidak bisa dipungkiri, pelanggaran administrasi masih kerap terjadi di instansi pemerintah. Untuk itu, Presiden Joko Widodo terus mendorong penguatan pelaksanaan reformasi birokrasi, salah satunya melalui pembangunan zona integritas.

Pembangunan zona integritas menuju WBK/WBBM menjadi langkah strategis untuk mewujudkan sasaran reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, efektif dan efisien, serta pelayanan publik prima.

Dari hasil evaluasi zona integritas tahun 2020, Kemenkumham menempatkan 72 unit kerjanya berpredikat menuju WBK dan 11 unit kerja berpredikat menuju WBBM.

Secara nasional, Kemenkumham menjadi tiga besar instansi pemerintah yang unit kerjanya paling banyak mendapatkan predikat menuju WBK/WBBM setelah Kementerian Keuangan dan Mahkamah Agung.

Dikatakan, dalam membangun zona integritas, pimpinan instansi, pimpinan unit kerja pelayanan beserta jajarannya dipastikan harus sudah melakukan berbagai perbaikan internal organisasi secara nyata, sistematis, dan berkelanjutan.

Perbaikan dilakukan terhadap sistem dan tata kelola yang mencakup pembangunan budaya kinerja, pembangunan ketatalaksanaan, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan serta peningkatan kualitas pelayanan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...