Pujian Tantowi untuk Empati PM Jacinda bagi Umat Islam Pascateror Masjid

Pujian Tantowi untuk Empati PM Jacinda bagi Umat Islam Pascateror Masjid
PM Selandia Baru Jacinda Ardern menemui keluarga korban teror atas dua masjid di Christchurch. Foto: REUTERS

jpnn.com, WELLINGTON - Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya memuji empati yang ditunjukkan pemerintah dan warga di negeri tempatnya bertugas terhadap umat Islam pasca-insiden penyerangan brutal atas dua masjid di Christchurch. Menurut Tantowi,  warga dan pemerintah Selandia Baru berupaya menguatkan perdamaian dan persaudaraan pasca-teror terburuk dalam sejarah Negeri Kiwi tersebut.

Tantowi mengatakan, penembakan di Christchurch pada Jumat lalu (15/3) masih menimbulkan kesedihan mendalam dan kemarahan di benak seluruh warga Selandia Baru. Namun, warga Selandia Baru tidak menumpahkan perasaan mereka dalam bentuk ujaran kebencian.

“Mereka menumpahkan perasaan melalui seruan untuk saling menyayangi. Hari Minggu lalu (17/3) hampir 12.000 warga Wellington dari berbagai agama dan ras memenuhi sebuah lapangan untuk bersama-sama berdoa bagi kedamaian mereka yang telah menjadi korban dan ketabahan mereka yang ditinggalkan,” ujar Tantowi melalui siaran pers ke JPNN, Rabu (20/3).

Pujian Tantowi untuk Empati PM Jacinda bagi Umat Islam Pascateror Masjid
Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya dan istrinya, Dewi Handayanyi berpose bersama Perdana Menteri Jacinda Ardern. Foto: dokumentasi pribadi for JPNN

Mantan pimpinan Komisi Pertahanan dan Luar Negeri DPR RI itu menambahkan, pada Jumat besok (22/3) warga Wellington berencana berkumpul lagi untuk memperingati seminggu aksi teror atas dua mesjid yang mengakibatkan 50 korban jiwa itu. Bahkan, aksi itu sebagai penghormatan bagi umat Islam.

“Yang perempuan diharapkan untuk mengenakan tutup kepala seperti hijab sebagai bentuk penghormatan kepada umat Islam,” tuturnya.

Baca juga:

PM Selandia Baru: Kami Mengutuk dan Menolak Kalian!

Duta Besar RI untuk Selandia Baru Tantowi Yahya memuji empati Perdana Menteri Jacinda Ardern terhadap umat Islam pasca-insiden teror berdarah yang menyasar dua masjid di Christchurch.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News