Pulihkan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Bersinergi dengan Berbagai Instansi

Pulihkan Ekonomi Nasional, Bea Cukai Bersinergi dengan Berbagai Instansi
Bea Cukai memperkuat sinergi dengan berbagai instansi terkait di masing-masing wilayah. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Mempercepat pelayanan di bidang kepabeanan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional, Bea Cukai memperkuat sinergi dengan berbagai instansi terkait di masing-masing wilayah diantaranya Bea Cukai Belawan, Sumatera Bagian Timur, Tarakan, dan Soekarno-Hatta.

Bea Cukai Belawan mengadakan acara Coffee Morning yang dihadiri oleh seluruh Entitas Pelabuhan Belawan dan Asosiasi Pengusaha Ekspor Impor bertema ‘Memperkuat Sinergi Untuk Percepatan Pelayanan Kepelabuhanan Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional’, Rabu (19/5).

Pada kegiatan ini dibahas tentang sinergi antar instansi dan perusahaan khususnya di wilayah Pelabuhan Belawan dalam rangka percepatan pelayanan yang pada akhirnya akan memangkas dwelling time.

Dengan adanya percepatan pelayanan di Pelabuhan Internasional Belawan bertujuan untuk meningkatkan daya saing ekonomi dan pertumbuhan investasi di Sumatera Utara, serta dapat mempererat komunikasi sektor yang berkepentingan, baik pihak instansi pemerintah selaku regulator dengan pihak masyarakat pengguna jasa.

“Diharapkan ini dapat memperkuat sinergi entitas Pelabuhan Belawan dan asosiasi pengusaha yang bergerak di bidang ekspor dan impor untuk percepatan layanan kepelabuhanan dalam rangka pemulihan ekonomi nasional,” ujar Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Hatta Wardhana.

Selain itu, dalam upaya mengoptimalkan penerimaan negara melalui sinergi berbagai pihak dalam rangka mencapai target yang ditetapkan dalam APBN, Kanwil Bea Cukai Sumatera Bagian Timur, Jumat (21/05), menerima kunjungan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka sinergi dan koordinasi tindak lanjut Joint Program antara DJP dan Bea Cukai.

Kegiatan ini dilaksanakan mendukung program pemulihan ekonomi nasional (PEN) melalui pengoptimalan penerimaan negara di sektor perpajakan, kepabeanan, dan cukai di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung.

“Diharapkan kerja sama ini dapat terus berlanjut dan tentunya dapat melibatkan sinergi dengan pihak lain dalam mendukung pertukaran informasi dari instansi terkait, sehingga nantinya optimalisasi penerimaan negara dapat tercapai,” kata Hatta.

Bea Cukai mempercepat pelayanan di bidang kepabeanan sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News