Puluhan Delegasi dari Mancanegara Kunjungi BPJS Kesehatan untuk Pelajari Program JKN

Puluhan Delegasi dari Mancanegara Kunjungi BPJS Kesehatan untuk Pelajari Program JKN
Puluhan delegasi JLN dari berbagai mancanegara yang mengikuti acara tersebut berbondong-bondong mengunjungi Kantor Pusat BPJS Kesehatan. Foto: dok BPJS Kesehatan

jpnn.com, JAKARTA - BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi magnet tersendiri bagi negara-negara di dunia.

Pasalnya, belum genap sepuluh tahun berjalan, sudah lebih dari 95 persen penduduk Indonesia menjadi peserta Program JKN.

Hal ini menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tercepat dalam berprogres menuju Universal Health Coverage (UHC).

Oleh karena itu, tidak sedikit negara yang tertarik mempelajari bagaimana BPJS Kesehatan beroperasi.

Kali ini, Indonesia menjadi tuan rumah acara Asian eHealth Information Network (AeHIN) General Meeting 2023 yang diselenggarakan AeHIN berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan dan Kementerian Kesehatan RI pada 6-9 November 2023.

Puluhan delegasi Joint Learning Network (JLN) dari berbagai mancanegara yang mengikuti acara tersebut berbondong-bondong mengunjungi Kantor Pusat BPJS Kesehatan untuk studi banding mengenai pengelolaan Program JKN.

Direktur Utama BPJS Kesehatan, Ghufron Mukti mengatakan data yang dimiliki BPJS Kesehatan merupakan aset yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan penelitian maupun pengambilan kebijakan yang kredibel berbasis bukti (evidence based policy) untuk mendukung optimalisasi penyelenggaraan Program JKN.

Untuk memudahkan proses pengolahan data oleh peneliti, akademisi, praktisi, dan pihak-pihak terkait lainnya, BPJS Kesehatan menyediakan data sampel yang dirancang sedemikian rupa, sehingga dapat merepresentasikan data yang ada di BPJS Kesehatan.

Puluhan delegasi JLN dari berbagai mancanegara yang mengikuti acara tersebut berbondong-bondong mengunjungi Kantor Pusat BPJS Kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News