JPNN.com

Puluhan Jemaah Umrah yang Baru Pulang akan Menjalani Observasi Cegah Virus Corona

Rabu, 04 Maret 2020 – 06:03 WIB Puluhan Jemaah Umrah yang Baru Pulang akan Menjalani Observasi Cegah Virus Corona - JPNN.com
Ilustrasi jemaah calon haji dan umrah Balikpapan dan sekitarnya di musim haji tahun 2019 lalu. Foto: Antara/Novi Abdi

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pemkot Balikpapan melakukan observasi ketat kepada jemaah umrah yang baru kembali dari Arab Saudi.

Saat ini tercatat ada 30 warga Balikpapan yang sedang melaksanakan ibadah umrah di Tanah Suci.

“Tentu kami harapkan mereka sehat-sehat saja sehingga bisa diobservasi di rumah mereka masing-masing,” kata Kepala Dinas Kesehatan Balikpapan Andi Sri Juliarty, Selasa petang.

Kecuali nanti jika ada yang sakit, maka pemkot akan memeriksa lagi seberapa parah sakit yang dialami dan ada kemungkinan observasinya dipindah ke rumah sakit. Bahkan seandainya ke-30 orang itu juga sakit bersamaan, rumah sakit juga sudah siap.

Sementara ini di RS Kanujoso Djatiwibowo sudah menjalani observasi di ruang isolasi empat warga Kota Minyak. Tiga di antaranya baru pulang dari beribadah umrah di Arab Saudi dan seorang pulang dari berlibur ke Korea Selatan.

Selain itu ada tiga lagi yang diobservasi di rumah dan dipantau oleh tim dokter Dinas Kesehatan dan dokter klinik perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja.

“Orang yang dipantau dokter perusahaan itu baru pulang dari penugasan, dinas, perusahaannya itu,” jelas Juliarty.

Menurut Juliarty, para jemaah umrah tersebut sudah berusia lanjut atau kelompok usia yang memang mengalami penurunan daya tahan tubuh.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...