Puluhan Murid SD Terjaring Saat Bermotor

Puluhan Murid SD Terjaring Saat Bermotor
Puluhan Murid SD Terjaring Saat Bermotor

jpnn.com - PADANG--Puluhan kendaraan bermotor (ranmor) yang mayoritas dikendarai anak-anak tingkat pendidikan dasar (SD), pada razia yang digelar jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kota Padangpanjang di depan Mapolsek Kota, Kamis (12/9) dilakukan agar kejadian seperti Dul, anak artis Ahmad Dhani, tidak terjadi di daerah.

Kanit Laka Lantas Ipda Yaddi P Lubis mengatakan razia tersebut digelar masih dalam rangkaian menyikapi peristiwa tragis yang melibatkan pengemudi di bawah usia. Tindakan tersebut disikapi secara nasional mengingat tingkat resikonya merugikan banyak pihak.

"Pada razia kali ini, selain melakukan penertiban secara umum juga menyikapi khusus para pengendara di bawah usia izin mengemudi. Faktanya memang banyak kita amankan dan mayoritas masih duduk di Sekolah Dasar (SD)," papar Yaddi di depan Mapolsek Kota.

Kasat Lantas Padangpanjang AKBP Sodikin Fachrozinur mengaku pihaknya beberapa waktu belakangan terus melakukan penertiban kendaraan. Baik dari sisi standarisasi ranmor dan kelengkapannya, juga berupa surat kendaraan. Sedikitnya 21 ranmor terjaring dalam razia dengan sangsi tilang dan pengandangan ranmor.

"Kami tidak akan memberikan toleransi terhadap pengemudi bandel yang mengabaikan aturan mengendara. Termasuk pengemudi anak-anak, kami berikan surat tilang untuk diberikan kepada orangtua mereka," ujar Sodikin.


Mayoritas pengemudi ranmor yang terjaring razia merupakan pelajar usia dasar. Seperti GL, 11 bersama dua reknnya , JK, 12 dan TG, 13 yang merupakan murid salah satu SD swasta di Kota Padangpanjang. Ke tiganya satu kendaraan berboncengan tiga.

TG yang lebih besar dari ke dua temannya, mengaku bisa mengemudi ramor berkat bimbingan sang kakak. Kesempatan belajar mengendara tersebut juga diakui TG saat masih duduk di kelas IV atau 2 tahun yang lalu.

Sama halnya pengakuan dua adik kelas yang diboncengnya. JK dan GL sudah sama-sama bisa mengendarai ranmor dengan izin orangtua mereka. Hanya pesan hati-hati yang memberanikan mereka menjajaki jalan raya.

PADANG--Puluhan kendaraan bermotor (ranmor) yang mayoritas dikendarai anak-anak tingkat pendidikan dasar (SD), pada razia yang digelar jajaran Satuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News