Puluhan Pejabat Dinkes Banten Mengundurkan Diri, Begini Reaksi Guspardi Gaus

Puluhan Pejabat Dinkes Banten Mengundurkan Diri, Begini Reaksi Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus. Foto: ANTARA/Mario Sofia Nasution/am

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus merasa prihatin atas pengunduran diri 20 pejabat Dinkes Provinsi Banten. Padahal mereka dituntut bekerja ekstrakeras sebagai ujung tombak penanganan pandemi COVID-19 yang sudah berjalan setahun lebih ini.

Puluhan petinggi (Eselon III dan IV) dinas kesehatan itu mengundurkam diri dan dalam suratnya tertanggal 28 Mei 2021, mengaku bekerja di bawah tekanan kepala dinas dan pimpinan tidak melindungi anak buahnya yang sudah menuruti perintah atasan.

“Seharusnya, dalam situasi apa pun, mereka tetap bekerja sebagai bentuk pengabdian kepada negara,” ujar Guspardi, Rabu (2/6)

Surat pengunduran diri serentak 20 pejabat di lingkungan Dinkes Banten ini ditujukan secara resmi kepada Gubernur Banten dan Wakil Gubernur Banten. Tembusan surat tersebut kepada Ketua DPRD Banten, Sekda Banten, Inspektorat Banten, Kepala Dinkes Banten dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten.

Permasalahan ini mesti disikapi dengan cepat dan serius. Kementerian Dalam Negeri harus segera turun tangan dan proaktif dengan melakukan langkah-langkah strategis terhadap Pemprov Banten agar lingkungan kerja di Dinkes Provinsi Banten dapat kembali kondusif.

“Mengingat, aspek pelayanan dan penyelenggaraan pemerintahan tetap harus bisa berjalan secara efektif,” tegas Politikus PAN ini.

Legislator asal Sumatera Barat itu menambahkan harus ada solusi bagi para pejabat yang mundur agar kembali nyaman bekerja dan mengurungkan niatnya untuk mundur tanpa mengorbankan siapa pun.

Karena pilihan mundur mereka tentu sangat kuat alasannya. Mesti cepat penanganannya, hati-hati dan bijaksana. Jangan sampai masalah ini berlarut-larut dan mengganggu tugas mereka dalam penanganan COVID-19 di Provinsi Banten.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus merasa prihatin atas pengunduran diri 20 pejabat Dinkes Provinsi Banten.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News